Tuesday 26 January 2016

Cara Cerdas Menggunakan Toilet Umum Supaya Aman

CantikanPedia - Kegiatan setiap hari mungkin mengharuskan Anda menggunakan toilet umum, misalnya toilet di kantor, di mal atau tempat lainnya. Walau terlihat bersih, kehadiran kuman penyebab penyakit biasa terdapat di toilet. Kuman penyakit seperti salmonella, streptococcus, E.coli dan berbagai virus lainnya dapat menyebabkan sakit tenggorokan, flu atau gangguan pencernaan. Oleh sebab itu kita harus tahu Cara Cerdas menggunakan Toilet Umum Supaya Aman.
Cara Cerdas Menggunakan Toilet Umum Supaya Aman
Cara kuman-kuman tersebut masuk ke dalam tubuh adalah melalui interaksi yang Anda lakukan dengan benda-benda yang ada di toilet umum. Misalnya ketika menyentuh flush pada kloset, keran, pegangan pintu, atau benda-benda lain yang Anda sentuh. Tidak mungkin juga menghindari toilet umum karena tidak mungkin menahan keinginan ke toilet, bahkan jika dipaksakan dapat menyebabkan masalah pada tubuh, seperti infeksi saluran kemih. Apakah Anda lantas harus mengurungkan niat untuk menggunakan toilet dan menahan diri dari hasrat buang air kecil atau buang air besar ? Tentu tidak. Anda justru dapat terkena dampak buruk yang lebih besar pada Kesehatan seperti terkena infeksi saluran kemih atau saluran kencing jika memaksakan menahan diri.

Anda tetap harus menyelesaikan hasrat Anda untuk menggunakan toilet umum dengan tetap memperhatikan faktor keamanan untuk diri Anda sendiri baik harta benda maupun kesehatan. Lalu, adakah tips aman menggunakan toilet umum, karena di setiap toilet umum tidak pernah terpampang tips – tips tersebut.

Barikut ini ada beberapa Cara Cerdas Menggunakan Toilet Umum Supaya Aman

  • Panjatkan do’a dalam hati saat Anda mau masuk ke toilet umum. Minta perlindungan kepada Tuhan agar dijauhkan dari segala risiko yang mungkin timbul di toilet umum.
  • Jangan membawa barang bawaan berat karena akan merepotkan diri Anda sendiri. Lebih baik barang bawaan yang berat Anda titipkan di tempat penitipan atau minta teman untuk menjaganya barang sebentar sementara Anda ke toilet.
  • Pastikan Anda tidak meninggalkan barang berharga bawaan Anda seperti tas, dompet, handphone, smartphone dan yang lain di luar bilik toilet karena sangat berisiko mengundang tindak kejahatan.
  • Jangan meletakkan barang bawaan Anda di lantai toilet. Sekalipun terlihat kering, lantai toilet sangat riskan terhadap kuman dan bakteri. Apalagi lantai toilet dalam keadaan basah, tentu lebih besar lagi risiko terkena bakteri.
  • Sebelum menggunakan toilet, ada baiknya Anda siram dulu agar sisa – sisa air kencing dan kotoran dari orang yang menggunakan sebelumnya bisa hanyut bersama air. Ingat, sisa kencing dan kotoran adalah sarang bakteri penyakit.
  • Jika kloset yang tersedia di toilet adalah kloset duduk, pastikan dudukannya dalam keadaan kering dan bersih. Siram dulu dengan air lalu seka menggunakan tisu.
  • Pasang dudukan kolset jika memang tersedia. Jika tidak, Anda dapat melapisinya menggunakan tisu.
  • Jika dudukan kloset terlihat kotor dan sulit dibersihkan, Anda tetap harus menyelesaikan hasrat Anda untuk buang air kecil atau buang air besar. Lakukan dengan cara duduk melayang tanpa menyentuh dudukan kloset. Pergunakan tangan Anda untuk bertumpu pada dinding atau pintu.
  • Sebaiknya Anda lakukan dengan tenang. Tangan jangan usil menyentuh benda – benda yang ada di bilik toilet. Begitu juga ketika menekan tombol menyiram dan membuka pintu. Gunakan tisu untuk melapisi tangan Anda.
  • Pastikan kloset dalam keadaan tertutup ketika Anda menekan tombol menyiram jika memang kloset memiliki tutup. Dalam keadaan terbuka, kuman dan bakteri dapat meloncat keluar dan menempel pada baju dan tubuh Anda.
  • Usai Anda keluar dari bilik toilet, jangan lupa cuci tangan Anda dengan sabun selama kurang lebih 30 detik. Cuci semuanya mulai dari telapak tangan, punggung tangan, jari – jari dan sela – sela jari. Juga bagian bawah kuku Anda.
  • Segera keringkan menggunakan handuk kecil atau tisu. Sekalipun di toilet tersedia tisu atau handuk kecil, akan lebih aman jika Anda menggunakan handuk kecil Anda sendiri atau tisu yang Anda bawa.
  • Setelah semua usai, segeralah keluar dari toilet umum. Bagaimanapun juga, toilet umum adalah tempat yang tidak aman bagi kesehatan disebabkan banyaknya bakteri dan kuman penyakit yang tak terlihat.
  • Jangan lupa membaca do’a dan bersyukur kepada Tuhan karena masih diberi nikmat bisa buang air kecil dan air besar dengan lancar sehingga Anda terhindar dari berbagai penyakit. 
Selain dari cara yang telah dipaparkan diatas, tentu saja kita harus selalu memperhatikan kesehatan tubuh kita. dengan tubuh yang sehat maka kita siap untuk menggunakan toilet dimana saja dan kapan saja.
Demikianlah artikel berjudul Cara Cerdas Menggunakan Toilet Umum Supaya Aman yang dapat admin bagikan kepada sobat sekalina. semoga dapat diambil manfaatnya.

Sumber : samishare.com 
Load disqus comments

0 comments